- See more at: http://raxterbloom.blogspot.com/2012/09/cara-membuat-efek-bintang-berjatuhan-di.html#sthash.85406k5C.dpuf

Minggu, 13 Oktober 2013

Pkn Kelas 2 Sd



PKN
Kelas/Semester : II/2
Standar Kompetensi
3. Menampilkan sikap demokratis
Kompetensi Dasar
3.1 Mengenal kegiatan bermusyawarah

BERMASYARAKAT

A. Pengertian Harga Diri
Setiap orang pasti membutuhkan teman.
Karena itu orang selalu hidup berkelompok.
Dalam kelompok pasti bermacam-macam keinginan,
harapan impian dan cita-cita.
Kita harus menghormati perbedaan-perbedaan yang terjadi.
Kita jangan memaksakan harapan, keinginan, impian kita pada orang lain.
Bila setiap orang selalu memaksakan harapannya,
Akan timbul perselisihan, permusuhan atau perkelahian.
Lalu bagaimana cara mengatasinya ?
Caranya dengan sikap kekeluargaan.
Sikap kekeluargaan sangat baik dan perlu dikembangkan.

Sikap kekeluargaan mampu memecahkan masalah dengan bijaksana.
Masalahan akan diselesaikan dengan musyawarah.
Setiap orang akan timbul dan memiliki jiwa pengorbanan.
Pengorbanan untuk kebaikan kepentingnan bersama.
Pengorbanan untuk tidak mementingkan diri sendiri.
Bila setiap orang mampu dan mau miliki sikap pengorbanan.
Kehidupan terasa nyaman, tenang, damai dan tenteram.
Pengertian musyawarah adalah membicarakan sesuatu secara bersama dalam pengambilan keputusannya. Musyawarah dapat dilaksanakan di manapun kita berada, misalnya : dirumah, sekolah, masyarakat, di jalan, di sawah, di toko, dsb. Musyawarah dilakukan oleh minimal dua orang atau lebih. Tujuannya mencari kesamaan pendapat dari sesuatu permasalahan atau topik. Contoh musyawarah :
      a.    Di lingkungan rumah:
        Pembagian tugas kerja tiap anggota keluarga.
        Menentukan tempat rekreasi saat liburan.
      b.    Di lingkungan sekolah:
        Pemilihan pengurus kelas.
        Penentuan anggota kelompok belajar.
        Penentuan jadwal regu piket.
      c.    Di lingkungan masyarakat:
        Pemilihan pengurus RT.              - Penentuan jadwal siskampling.
        Penentuan jadwal kerja bakti.    - Peringatan 17 Agustus

   B.  Ciri – Ciri Musyawarah
Tahukah kalian bagaimana belajar bermusyawarah ?
Caranya, permasalahan yang ada kita bicarakan bersama.
Permasalahan keluarga, kita bicarakan bersama anggota keluarga.
Permasalahan kelas, kita bicarakan dengan teman-teman sekelas.
Permasalahan kampung, kita bicarakan bersama dengan warna kampung.
Musyawarah dapat dilakukan dimana saja, kapanpun, dengan siapa saja.
     Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki pendapat yang berbeda.
     Semua pendapat tersebut kita tampung, lalu pendapat yang berbeda tersebut kita musyawarahkan.
Semua pendapat harus kita hargai.
Semua pendapat harus dapat dipertanggungjawabkan
Musyawarah adalah berunding untuk bermusyawarah atau suara terbanyak.
Suara terbanyak (mayoritas) diambil apabila
Sebagaian besar menerima dan memberi dukungan terhadap keputusan.
     Pernahkan kamu bermusyawarah ?
     Masalah apa yang pernah kamu musyawarah ?
     Yuk kita belajar bermusyawarah.
     Agar kamu dapat menghargai diri sendiri da orang lain.
     Dan kamu juga dapat menerima pendapat orang lain dengan lapang dada.
Kegiatan dapat dikatakan musyawarah atau bukan, dapat dilihat dari cara orang itu berbuat dan bertingkah laku. Jadi musyawarah dapat terihat dari ciri-ciri bentuk kegiatannya. Ciri-ciri bentuk musyawarah tersebut, yaitu:
a.    Musyawarah dilakukan oleh lebih dari satu orang.
b.    Semua orang memiliki hak yang sama.
c.    Semua orang memilik kewajiban yang sama.
d.    Semua orang memiliki kedudukan yang sama.
e.    Semua orang boleh menyampaikan pendapat/usul.
Dalam musyawarah juga terdapat aturan, yang berguna untuk ketenteraman dan kedamaian semua pihak.
Aturan tersebut adalah :
a.    Tidak boleh memaksakan pendapat.
b.    Setiap orang yang diberi kesempatan untuk menyampaikan pendapat.
c.    Setiap pendapat harus dihargai.
d.    Tidak boleh memotong pembicaraan orang lain.
e.    Jika ingin menyampaikan usul, menggunakan bahasa yang sopan.
f.    Mengacungkan jari terlebih dahulu, baru mengemukakan usul.

Soal Latihan
I.        Berikan tanda silang (x) pada huruf a, b, atau c di depan jawaban yang paling benar !
1.     Permasalahan di kelas sebaiknya diselesaikan dengan . . .
a.    musyawarah
b.    perkelahian
c.    pemberontakan

2.    Dalam musyawarah sikap yang harus dikemmbangkan adalah saling . . .
a.    waspada
b.    hati-hati
c.    menghormati

3.    Tujuan kita teliti dan menjaga barang milik kita adalah agar . . .
a.    rusak  dan hilang
b.    tidak rusak dan tidak hilang
c.    dapat rusak dan tidak hilang

4.    Setelah selesai meminjam barang, kita mengucapkan . . .
a.    terima kasih
b.    maaf ya
c.    sampai jumpa

5.    Kita wajib hidup rukun dengan . . .
a.    sahabat
b.    saudara
c.    semua orang

6.    Membiasakan menabung sejak kecil bertujuan untuk . . .
a.    pemborosan
b.    melatih hemat
c.    dapat hadiah

7.    Tanpa sengaja kita melakukan kesalahan, kita harus mengucapkan . . .
a.    terima kasih
b.    matur nuwun
c.    minta maaf

8.    Teman yang telah meminta maaf kepada kita, sikap kita sebaiknya . . .
a.    memarahi
b.    memukul
c.    memaafkan

9.    Kebanyakan orang tidak ingin hidup . . .
a.    sendiri
b.    berkelompok
c.    berdoa

10. Kita tidak boleh . . .  orang lain.
a.    menghormati
b.    mengejek
c.    menyayangi


11.  Kampung yang aman dan damai dapat terwujud dengan cara . . .
a.    sering bertengkar
b.    ada senjata lengkap
c.    hidup rukun

12. Kita tidak boleh . . .  kehendak kepada orang lain.
a.    mengajukan
b.    memaksakan
c.    mempunyai

13. Dengan musyawarah semua masalah dapat . . .
a.    dibiarkan 
b.    diramaikan
c.    diselasaikan

14. Musyawarah untuk mencapai . . .
a.    mufakat
b.    masalah
c.    masyarakat

15. Dalam musyawarah harus  . . . pendapat orang lain.
a.    memaksa
b.    mengejek
c.    menghargai

II.      Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1.     Pendapat orang lain harus kita . . .
2.    Musyawarah dilakukan dengan akal yang . . .
3.    Yang menciptakan alam semesta ini adalah  . . .   
4.    Penebangan hutan secara liar akan mengakibatkan . . .  
5.    Persoalan keluarga hendaknya diselesaikan oleh . . .
6.    Mengembalikan barang pinjaman, jangan lupa mengucapkan . . .
7.    Orang yang meminta maaf harus kita . . .  
8.    Setiap orang pasti membutuhkan . . .
9.    Musyawarah untuk mencapai . . .
10. Pemilihan ketua kelas sebaiknya dengan . . .

III.    Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.     Apakah musywarah itu ?
Jawab: . . . . . . . . . . . . . .
2.    Bagaimana sikap kita dalam menggikuti musyawarah  ?
Jawab : . . . . . . . . . . . . . .
3.    Sebutkan 3 contoh musyawarah di kelas ?
Jawab : . . . . . . . . . . . . . .
4.    Apa tujuan diadakan musyawarah ?
Jawab : . . . . . . . . . . . . . .
5.    Sebutkan manfaat musyawarah ?
Jawab : . . . . . . . . . . . . . .

Pembahasan Soal
I.            Pilihan Ganda
1. A                  6. B             11. C
2. C                  7. C             12. B
3. B                  8. C             13. C
4. A                  9. A             14. A
5. C                  10. B            15. C

II.         Uraian Singkat
1. hargai
2. sehat
3. tuhan
4. banjir
5. anggota keluarga
6. terima kasih
7. maafkan
8. teman
9. mufakat
10. musyawarah

III.      Uraian
1.     Musyawarah adalah membicarakan sesuatu secara bersama dalam pengambilan keputusannya.
2.    Sikap kita dalam mengikuti musyawarah adalah menghargai atau menghormati pendapat orang lain, tidak memaksakan pendapat kepada orang lain, da tidak boleh mencela pendapat orang lain.
3.    3 contoh musyawarah di kelas  yaitu
-   Pemilihan pengurus kelas.
-      Penentuan anggota kelompok belajar.
-      Penentuan jadwal regu piket
4.    Tujuan diadakan musyawarah  agar dapat menghargai diri sendiri dan orang lain sehingga dapat menerima pendapat dengan lapang dada.
5.    Manfaat musyawarah untuk memecahkan masalah agar mencapai mufakat bersama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar